Tuesday, August 19, 2014

Leveling Guide: Mage - Wizard / Sage

Sebelumnya thanks buat bro Andre udah izinin jadi contributor di sini.

Di sini saya akan share tips leveling tercepat menurut saya untuk char Mage sampe Wizard & Sage.

Hal-hal dasar yang perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan kalian sebagai penyihir:

  1. Skill wajib: Fire Wall & Frost Diver.
    Skill ini sangat berguna tuk leveling sampe aura. Klo tujuan mu untuk PVP / WOE, ga masalah. Klo sudah aura kan bisa direset pake Neuralizer. Yang penting untuk menuju aura, ambillah skill-skill leveling.
    O, ya. Pelajari teknik "Vertical Firewall". Caranya bisa liat di gambar ini.

    Sangat berguna untuk menghadapi banyak musuh ataupun 1 musuh yang membutuhkan lebih dari 1x Fire Bolt lv10 untuk membunuhnya.
  2. Utamakan DEX daripada INT
    INT besar = damage besar. Tapi damage besar, cast lelet, itu ga efisien. Saya saranin tiap naik level, naikin DEX dan INT 2:1, bro. Cast lelet juga bikin cepet bosan saat leveling dan juga melelahkan. Stat final: INT 99, DEX 99, sisanya STR.
  3. Equip wajib: Rod [4] isi 4x Drops Card, baju isi Pupa Card (paling enak dicari Jacket [1] dari Thief Bug), Guard [1] isi Thief Bug Egg Card (paling enak cari di sewer 1 banyak Thief Bug Egg yang juga drop Guard [1]. Card nambah HP supaya kamu bisa lebih survive di lapangan.
    Sisanya, Hood [1] atau Muffler [1] isi Raydric Card, Sandals [1] atau Shoes [1] isi Sohee Card. Asesorisnya Belt [1] atau Clip [1] isi Creamy Card buat pengganti Fly wing. Kepala klo ada zeny lebih ya Apple Of Archer. Klo ga ada, ya apa aja boleh.
Leveling Time!

Novice
Ngobrol2 sama NPC pelatihan sampe level 7 & job level 7.
Hunt di tempat pelatihan, langsung hantam room 2 sampe level 20 & quest jadi Mage.

Mage
Masih di Geffen, hunt aja di map barat Geffen (kiri) buat nyari skill. Ambil Fire Bolt level 10 dulu, lalu incar Fire Wall level 10. Kira-kira mulai lelet EXP tapi di sini Fire Bolt mu sudah level 10, pindah ke Snake (Payon ke bawah 2 map). Tapi klo kamu punya Priest, bawa gb ke Caramel langsung bro. Caramel yang banyak dan ga ada momon agresif ada di map Aldebaran ke bawah 2 map, lalu ke kiri 2 map. Hunt di sini bisa sampe job level 40. Klo ga punya Priest, ke Snake dulu sampe punya Fire Wall, lalu ke Caramel.
Job level 40, pindah ke Flora (1 map ke kanan dari map Caramel tadi). Mulai sini kamu sudah ga butuh Priest lagi, tapi terserah klo masih mau pake Priest. Hajar Flora dan waspada Argos. Pakai Fire Wall buat kill Argos. Di sini sampe kira2 job level 46. Pindah ke Argiope di map Aldebaran ke bawah 3 map.
Kamu bisa nge-mob Argiope & Argos dengan teknik gocekan maut mu. Siap2 balik ke Kafra klo lag. Pakai Vertical Firewall untuk banyak momon. Ga butuh waktu lama, kamu udah job level 50, saatnya berubah jadi Wizard atau Sage.

Wizard
Tetep di Argiope. Masih kenceng bro! Skill Wizard, yang wajib diambil adalah Water Ball level 5, Storm Gust level 10, dan Jupitel Thunder level 10. Di Argiope sampe kamu merasa mulai melambay, pindah ke Sting. Minta warp ke GH ama Priest baik hati di Payon. Klo males jalan jauh, kamu bisa hunt di Clock. Tapi saya pribadi lebih menganjurkan di Sting. Bagi yang belum tau map Sting. Masuk St.Abbey lewat portal di tengah field GH. Dari St.Abbey, masuk portal kiri atas atau bisa di arah jam 5 menuju Graveyard. Lalu mauk portal arah jam 9. Lalu masuk portal kanan atas. Tibalah kita di map Sting a.k.a. Glastheim Culvert 3. Cara hunt nya, Sting cukup diFire Wall + Fire Bolt atau Water Ball klo lagi di air. Cramp juga Fire Wall + Fire Bolt / Water Ball. Hindari Gargoyle. Kamu bisa hunt di Sting sampe aura. Level 98 ke 99, EXP 0,1% per ekor. Jadi siap2 lah kill 1000 Sting menuju aura /lv
Tapi klo bosan di Sting, kamu bisa ke Stalactit Golem (Comodo atas). Di sini hunt pake Fire Wall - FD sampe beku - JT. Lebih boros SP dan lebih greget, ga sesantai di Sting. Hindari Megalith, kecuali kamu bisa SG dia dari jauh. Nereid dan Tri Joint cukup 1x Fire Wall dan biarkan dia mati sendiri.
Alternatif lain dan ini yang paling kenceng tapi butuh Priest, yaitu High Orc di Clock Tower. Di sini kamu wajib pakai Phen Card di asesoris. Hunt nya pake SG lalu tabokin momon yang beku-beku. Efektif saat level 90++.

Sage
Hampir mirip dengan Wizard tapi Sage levelling di Sting menurut saya lebih berat daripada Wizard, karena Sage ga punya Water Ball.
Sedangkan Stalactit Golem minus nya 2: dia element normal & ada Megalith. Sebenernya kenceng juga di sini. Tapi saya kurang sreg. Dulu Wizard saya sempat hunt disini. Lebih boros sp dan lari2an karena harus FD dulu baru JT. Klo ga mau lari2an, FW - FD - JT.
Lalu setelah dipikir2, enak di Sting karena lebih gampang bunuhnya. Sage mungkin lebih memilih di Stalactit Golem klo Lightning Bolt nya lv.10. Sedangkan punya saya cuma lv.4, ya saya putusin hunt di Isis aja ampe aura. EXP Sting kurang lebih aja dengan Isis. 98 ke 99 itu 0,1% (EXP rate 30x). Isis bisa dimob. So, pilihan jatuh ke Isis.
Daftar skill & item yang diperlukan di shortcut:
1. Fire Wall level 10
2. Thunder Storm level 10
3. Teleport level 1
4. Fire Bolt level 1
5. White Potion
6. Authoritative Badge

Cekidot sedikit cuplikan video cara leveling di Isis berikut ini.

Pakailah Priest (dual login) untuk mempermudah leveling. Taruh Priest di tempat aman, biasanya pojokan map. Lalu pilih karakter. Karena klo dibiarkan online, rawan mati dihajar momon.
Bila kamu perlu heal, datangi tempat Priest mu dan online-kan. Lalu Heal + re-Paket. Bila habis paket, tidak perlu balik ke Priest, cukup pakai Authoritative Badge. Bawa 30-40 White Potion untuk jaga-jaga saja.
O, ya. Hindari Ancient Mummy karena 3-4x Vertical Fire Wall baru bisa kill dia. Daripada repot, mending kabur. Osiris juga hindari pastinya. Klo Mimic, hindari bila situasi tidak memungkinkan. Misalnya ruang gerak kecil karena lagi banyak momon.

Semoga bermanfaat ^^ Happy RO

6 comments:

  1. makasih kk guidenya

    ReplyDelete
  2. jaman sekarang priestnya bisa di gandeng, seting biar ikut terus di buntut kita pake open kore :D setting follow char kita, hhehe

    ReplyDelete
  3. "Kamu bisa nge-mob Argiope & Argos dengan teknik gocekan maut mu. Siap2 balik ke Kafra klo lag"
    njirr....resikonya tewas..

    ReplyDelete
  4. Increase Spiritual Power Lv 5
    Sight Lv 1
    Napalm Beat Lv 1
    Cold Bolt Lv 5
    Stone Curse Lv 1
    Fire Ball Lv 5
    Fire Wall Lv 10
    Fire Bolt Lv 5
    Lightning Bolt Lv 5
    Thunder Storm Lv 1
    Energy Coat Lv 1 (Quest Skill)
    Jupitel Thunder Lv 10
    Lord of Vermillion Lv 10
    Water Ball Lv 5
    Earth Spike Lv 3
    Heaven's Drive Lv 5
    Quagmire Lv 3
    Sight Blaster Lv 1 (Quest Skill)


    Total 1st job skill point used: 39/39 Left: 0 Over: 0
    Total 2nd job skill point used: 36/49 Left: 13 Over: 0
    Total 3rd job skill point used: 0/0 Left: 0 Over: 0

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas infonya update lagi dong job yang lainnya

    ReplyDelete